LOGO puskesmas penimbung
Beranda > Hak Dan Kewajiban Pasien

HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN

Posting oleh puskesmaspenimbunglobar - 23 Mei 2023 - Dilihat 185 kali

HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN ATAU PENGUNJUNG
UPT PUSKESMAS PENIMBUNG.

HAK PASIEN / PENGUNJUNG.
1.    Memperoleh layanan yang  manusiawi,  adil,  jujur,  dan tanpa diskriminasi
2.    Memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional
3.    Memperoleh pelayanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi.
4.    Memilih dokter dan dokter gigi serta kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di Puskesmas
5.    Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter dan dokter gigi lain yang mempunyai Surat Izin Praktik  (SIP) baik di dalam maupun di luar Puskesmas
6.    Mendapatkan privasi dan  kerahasiaan  penyakit  yang diderita termasuk data-data medisnya
7.    Mendapatkan informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternative tindakan,  risiko dan  komplikasi  yang  mungkin  terjadi, dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan sertya perkiraan biaya pengobatan
8.    Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan  dilakukan  oleh  tenaga  kesehatan  terhadap penyakit yang dideritanya
didampingi keluarganya dalam keadaan kritis
9.    Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal tersebut tidak mengganggu pasien lainnya
10.    Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di Puskesmas.
11.    Mengajukan usul, saran, perbaikan atas  perlakuan Puskesmas terhadap dirinya
12.    Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut
13.    Mendapatkan perlindungan atas rahasia kedokteran termasuk kerahasiaan rekam medik
14.    Mendapatkan akses terhadap isi rekam medis
15.    Memberikan persetujuan atau menolak untuk menjadi bagian dalam suatu penelitian kesehatan.
16.    Menyampaikan keluhan atau pengaduan  atas  pelayanan yang diterima
17.   Mengeluhkan pelayanan Puskesmas yang tidak  sesuai standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik  sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
18.    Menggugat dan/atau menuntut Puskesmas apabila Puskesmas diduga  memberikan  pelayanan  yang  tidak sesuai dengan standar baik secara perdata ataupun pidana

B.    KEWAJIBAN PASIEN / PENGUNJUNG
1.    mematuhi peraturan yang berlaku di Puskesmas.
2.    menggunakan fasilitas Puskesmas secara bertanggungjawab.
3.    menghormati hak-hak pasien lain, pengunjung dan hak Tenaga Kesehatan serta petugas lainnya yang bekerja di Puskesmas .
4.   memberikan  informasi  yang   jujur,   lengkap   dan  akurat    sesuai kemampuan dan pengetahuannya tentang masalah kesehatannya
5.    memberikan informasi mengenai kemampuan finansial dan jaminan kesehatan yang dimilikinya.
6.  mematuhi rencana terapi yang direkomendasikan oleh Tenaga Kesehatan di Puskesmas dan disetujui oleh Pasien yang bersangkutan setelah mendapatkan penjelasan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
7.    menerima segala konsekuensi atas keputusan pribadinya untuk menolak rencana terapi yang direkomendasikan oleh Tenaga Kesehatan dan/atau tidak mematuhi petunjuk yang diberikan oleh Tenaga Kesehatan dalam rangka penyembuhan penyakit atau masalah kesehatannya. dan
8.    memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima.